Saturday 5 July 2014

10 hal dari anjing yang harus dimiliki muslim


Belajar Pada Anjing

oleh : Diya Mahameru


Banyak umat islam yang mencela anjing karena menurut sebagian madzhab dalam islam, anjing hukumnya adalah najis. Banyak juga yang dengan mudah merasa bahwa orang yang memelihara anjing adalah non muslim, padahal itu tidak benar. Tetapi di bawah ini saya menemukan sebuah penjelasan singkat dan menarik dari KH. Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantani yang berjudul Kasyifatus Saja, seputar masalah anjing. 
Beliau berkata: ada beberapa sikap dan karakter anjing yang harus di tiru oleh seorang mukmin, yaitu sebagai berikut:

1. Anjing sering dalam kondisi lapar. sering lapar dan tidak kenyang adalah sikap dan akhlak orang-orang sholih.

2. Tidak tidur malam kecuali hanya sedikit saja. sedikit tidur malam adalah akhlak dari orang-orang yang gemar sholat tahajjud.

3. Andaikan anjing di usir 1000 kali dari pintu majikannya, niscaya ia akan tetap kembali ke pintu itu dan merendah serta menunggu ijin majikannya itu. nah ini adalah akhlak dari orang-orang jujur dalam cintanya kepada Allah.

4. jika mati tidak meninggalkan warisan sama sekali. begitulah akhlak orang-orang yang zuhud.

5. mau menerima tempat paling rendah sekalipun. ini adalah sikap dan akhlak orang-orang yang ridha.

6. selalu menunggu orang yang melihatnya hingga akhirnya ia di beri sesuatu. ini adalah akhlak orang-orang yang selalu membutuhkan rohmat Allah.

7. jika dia di usir dan di lempar dengan debu, maka anjing itu tidak akan marah dan menyimpan rasa dendam. nah itulah akhlak orang-orang yang merindu.

8. jika tempat yang sudah di tempatinya di ambil orang lain, maka ia akan meninggalkan tempat itu dan mencari yang lain. ini adalah akhlak orang-orang selalu memuji kebesaran Allah dalam kondisi apapun.

9. jika di beri makanan satu potong saja, maka anjing akan merasa cukup dengan itu dan pada malam haripun ia tidak akan makan lagi. ini adalah akhlak orang yang Qona'ah.

10. jika ia pergi dari satu daerah ke yang lain, maka ia tidak membawa bekal berlebihan. ini adalah akhlak orang yang bertawakkal.

inilah beberapa akhlak yang seharusnya bisa di penuhi oleh seorang muslim, dan anehnya semua itu terkumpul pada seekor anjing. semoga ada manfaatnya...


10 hal  dari anjing yang harus dimiliki muslim
  • Blogger Comments

0 comments:

Post a Comment

Top