Nama lengkap beliau adalah Muhammad Mahfudz bin Abdullah At-Tarmasi. Populer disebut Syekh Mahfudz Tremas.
Dialah ulama Jawa paling berpengaruh pada zamannya. Syaikh Muhammad Mahfuz
Termas lahir di Termas, Pacitan, Jawa Timur, pada 12 Jumadil Ula 1285 H/31
Agustus 1868 M, dan bermukim di Mekah sampai beliau wafat pada 1 Rajab 1338 H/
20 Mei 1920 M. Mahfudz amat berjasa dalam memperluas cakupan ilmu-ilmu yang di
pelajari di pesantren-pesantren di Jawa, termasuk hadis dan ushul fiqh.
Pengembaraan Intelektual
Untuk
mengetahui sejarah pendidikannya, guru dan ilmu-ilmu yang dipelajari oleh
Syaikh Muhammad Mahfuz Termas tidaklah terlalu sulit, karena sejarah hidup
beliau dapat ditemukan dalam karya-karya beliau. Dalam Kitab Muhibah
zil Fadhli jilid ke-4 yang merupakan salah satu karya beliau,
dikatakan bahwa beliau pada masa mudanya banyak menimba ilmu kepada ayahnya
sendiri, Syaikh Abdullah bin Abdul Mannan at-Tarmasi. Dari ayahnya beliau
mempelajari Syarh al-Ghayah li Ibni Qasim al-Ghuzza, al-Manhaj
al-Qawim, Fat-h al-Mu’in, Fath al-Wahhab, Syarh Syarqawi `ala al-Hikam dan
sebagian Tafsir al-Jalalain hingga sampai Surah Yunus.
Merasa
haus akan ilmu dan setelah banyak belajar kepada ayahnya, Syeikh Muhammad
Mahfuz Termas kemudian memilih merantau ke Semarang untuk belajar kepada Kyai
Muhammad Saleh Darat. Di bawah bimbingan Kyai Saleh Darat ini, beliau
mempelajari Syarh al-Hikam (dua kali khatam), Tafsir
al-Jalalain (dua kali hatam), Syarh al-Mardini dan Wasilah
ath-Thullab (falak)
Setelah beberapa tahun
dalam bimbingan Kyai Saleh Darat. Syaikh Muhammad Mahfuz Termas meneruskan
pengembaraan ilmunya ke Mekah. Di negara kelahiran Nabi Muhammad ini, beliau
berguru kepada para ulama terkemuka, diantaranya adalah Syaikh Ahmad
al-Minsyawi, dari ulama’ ini, beliau belajar Qira'ah Ashim dan
tajwid, sebagian Syarh Ibni al-Qashih ala asy-Syathibiyah. Dalam
waktu yang bersamaan, beliau juga belajar kepada Syeikh Umar bin Barakat
asy-Syami, dengan mempelajari Syarh Syuzur az-Zahab li Ibni
Hisyam. Juga kepada Syaikh Mustafa al-’Afifi, dengan mengkaji
kitab Syarh Jam’il Jawami’ lil Mahalli danMughni al-Labib.
Sahih al-Bukhari kepada Sayid Husein bin Sayid Muhammad al-Habsyi.
Sunan Abi Daud, Sunan Tirmizi dan Sunan Nasai kepada Syeikh Muhammad Sa’id Ba
Bashail. Syarh `Uqud al- Juman, dan sebagian kitab asy-Syifa’
lil Qadhi al-’Iyadh kepada Sayid Ahmad az-Zawawi. Syarh Ibni
al-Qashih, Syarh ad-Durrah al-Mudhi-ah, Syarh Thaibah an-Nasyr fi al-Qiraat
al-’Asyar, ar-Raudh an-Nadhir lil Mutawalli, Syarh ar-Ra-iyah, Ithaf al-Basyar
fi al-Qiraat al-Arba’ah al-’Asyar, dan Tafsir al-Baidhawi bi
Hasyiyatihi kepada Syeikh Muhammad asy-Syarbaini ad-Dimyathi. Dalail
al-Khairat, al-Ahzab, al-Burdah, al-Awwaliyat al-’Ajluni danMuwaththa’
Imam Malik kepada Sayid Muhammad Amin bin Ahmad Ridhwan al-Madani
serta ulama’-ulama’ terkemuka lainnya, seperti Syeikh Ahmad al-Fathani dan
Syaikh Nawawi Banten, salah satu ulama Indonesia yang juga bermukim di Mekah.
Sedangkan guru utama beliau yang paling banyak mengajarnya pelbagai ilmu secara
keseluruhannya ialah Sayid Abi Bakr bin Sayid Muhammad asy-Syatha, pengarang
kitab I’anatut Talibin, syarah Fathul Mu’in.
Konon
katanya, salah seorang Ulama Patani, Syaikh Ahmad Al-Fathani memiliki hubungan
yang erat dengan dengan Sayid Abi Bakr asy-Syatha, bahkan diceritakan bahwa
salah satu karangan Sayid Abi Bakr asy-Syatha yang berjudul I’anatut
Thalibin Syarh Fat-hil Mu’insebelum dicetak terlebih dahulu ditashih dan
ditahqiq oleh Syeikh Ahmad al-Fathani atas perintah Sayid Abi Bakr
asy-Syatha sendiri dan Syeikh Muhammad bin Sulaiman Hasbullah al-Makki. Dan
diceritakan pula bahwa yang pertama kali mengajar kitab I’anatut
Thalibin di dalam Masjid al-Haram ialah Syeikh Ahmad al-Fathani, semua
murid Sayid Abi Bakr asy-Syatha pada zaman itu termasuk Syeikh Muhammad Mahfuz
Termas hadir dalam halaqah atau majlis pengajian Syeikh Ahmad al-Fathani itu.
Dalam
kaitannya dengan penimbaan ilmu, Syaikh Mahfudz memiliki karya khusus yang
mencatat semua sanad dari setiap ilmu yang beliau pelajari,
beliau kumpulkan dalam karyanya yang berjudul Kifayatul Mustafid
Dalam pengembaraannya
di Mekah, beliau semasa dan seperguruan dengan Syeikh Wan Daud bin Mustafa
al-Fathani (1283 H/1866 M - 1355 H/1936 M), Mufti Pulau Pinang Haji Abdullah
Fahim serta ulama’ lainnya.
Mahfudz tidak kembali
ke Nusantara, memilih berkarier di Makkah, tempat dia menjadi guru yang ulung.
Sewaktu Abdullah wafat pada tahun 1894, adiknya, Dimyati, yang menjadi kiai di
Tremas. Anak-anak Abdullah lainnya adalah Kiai Haji Dahlan yang juga pernah
belajar di Makkah. Sekembali dari Tanah Suci dia diambil menantu oleh Kiai
Shaleh Darat Semarang; Kiai Haji Muhammad Bakri yang ahli qira’ah, dan
Kiai Haji Abdur Razaq, ahli thariqah danmursyid yang
punya murid di mana-mana.
Kiai Dimyati memang
punya andil besar dalam memajukan pesantren Tremas. Tapi, berkat reputasi
Mahfudz-lah Tremas menjadi dikenal lebih luas, meskipun, itu tadi, beliau tidak
pernah mengajar di sana. Di antara murid-muridnya yang berasal dari Indonesia
adalah Kiai Haji Hasyim Asy’ari, Kiai Haji Bishri Syansuri dan Kiai Abdul
Wahhab Hasbullah, yang kelak mendirikan Nahdhatul Ulama di tahun 1926. Kita
ketahui, ketiga kiai ini merupakan murid Syekh Mahfud yang paling terkenal dan
diakui berkat kegiatan politik mereka di Tanah Air.
Dia
juga mengajar sejumlah murid, dan beberapa di antaranya menjadi ulama yang
berpengaruh, sebut misalnya Ali al-Banjari, penduduk Makkah asal Kalimantan
Selatan), Muhammad Baqir al-Jugjawi, wong Yogya yang juga
bermukim di Makkah, Kiai Haji Muhammad Ma`shum al-Lasami, pendiri pesantren
Lasem, Jawa Tengah, Abdul Muhit dari Panji Sidarjo, pesantren penting lainnya
dekat near Surabaya. Memang banyak di antara murid Syekh Mahfudz yang mendirikan
pesantren. Kiai Hasyim sendiri adalah pendiri Pesantren Tebuireng, dan kiai
pertama yang menjarkan kumpulan hadis Bukhari. Sedangkan Kiai
Bishri, menantunya, pendiri pesantren Tambakberas, yang juga pernah
menjadi rais ‘aam PB NU. Kedua kiai besar ini, kita ketahui,
adalah engkongnya Abdurrahman Wahid, mantan presiden kita itu.
Penulis Produktif
Muhammad At-Tarmasi
boleh dibilang penulis produktif. Dia mengarang sejumlah kitab tentang berbagai
disiplin keislaman, seluruhnya ditulis dalam bahasa Arab. Sayang, banyak
karyanya yang belum sempat dicetak, dan beberapa di antaranya bahkan dinyatakan
hilang.
Dalam menulis, konon
Syekh Mahfudz ibarat sungai yang airnya terus mengalir tanpa henti. Gua Hira
menjadi tempatnya mencari inspirasi. Dia biasa menghabiskan waktunya di gua
tempat Nabi menerima wahyu-Nya yang pertama itu. Kecepatan Mahfudz dalam
menulis kitab, juga boleh dibilang istimewa. Khabarnya, kitab ”Manhaj
Dhawi al-Nazhar” beliau selesaikan dalam 4 bulan 14 hari. Mahfudz
mengatakan bahwa kitab ini ditulis ketika berada di Mina dan Arafat.
Syeikh
Muhammad Mahfuz Termas termasuk salah seorang ulama nusantara yang banyak
menghasilkan karangan dalam bahasa Arab seperti halnya ulama’-ulama nusantara
lainnya yang bermukim di Mekah, seperti Syeikh Nawawi al-Bantani, Syeikh Ahmad
Khatib Minangkabau dan Syeikh Abdul Hamid Kudus.
Diantara karangan-karang beliau adalah :
1. As-Siqayatul
Mardhiyah fi Asamil Kutubil Fiqhiyah li Ashabinas Syafi’iyah, Selesai
penulisan pada hari Jum’at, Sya’ban 1313 H. Dicetak oleh Mathba’ah
at-Taraqqil Majidiyah al-’Utsmaniyah, Mekah (tanpa tahun).
2. Muhibah
zil Fadhli `ala Syarh al-’Allamah Ibnu Hajar Muqaddimah Ba Fadhal, Kitab
fiqh empat jilid ini merupakan syarah atau komentar atas karya
Abdullah Ba Fadhl ”Al-Muqaddimah Al-Hadhramiyyah”. Kitab ini boleh
dibilang jarang diajarkan di pesantren, lebih banyak digunakan oleh kiai senior
sebagai rujukan dan sering dikutip sebagai salah satu sumber yang otoritatif
dalam penyusunan fatwa oleh para ulama di Jawa.
Kitab ini terdiri dari empat jilid.
Jilid pertama diselesaikan pada 25 Safar 1315 H,. Jilid keduadiselesaikan
pada hari Jum’at, 27 Rabiulakhir 1316 H. Jilid ketiga diselesaikan
pada malam Ahad, 7 Rejab 1317 H. Jilid keempat, diselesaikan
pada malam Rabu, 19 Jamadilakhir 1319 H. Dicetak oleh Mathba’ah
al-’Amirah asy-Syarfiyah, Mesir, 1326 H.
3. Kifayatul Mustafid
lima ala minal Asanid, diselesaikan pada hari Selasa, 19 Safar 1320
H. Kandungannya membicarakan pelbagai sanad keilmuan Muhammad Mahfuz bin
Abdullah at-Tarmasi/at-Tirmisi. Dicetak oleh Mathba’ah al-Masyhad
al-Husaini, No. 18 Syari’ al-Masyhad al-Husaini, Mesir
(tanpa tahun). Kitab ini ditashhih dan ditahqiq oleh
Syeikh Muhammad Yasin bin Isa al-Fadani al-Makki, al-Mudarris Daril
`Ulumid Diniyah, Mekah
4. Manhaj
Zawin Nazhar fi Syarhi Manzhumati `Ilmil Atsar, diselesaikan
pada tahun 1329 H/1911 M. Kandungannya membicarakan Ilmu Mushthalah Hadits
merupakan Syarh Manzhumah `Ilmil Atsar karangan Imam
Jalaluddin as-Suyuthi. Kitab ini merupakan bukti bahwa ulama nusantara mampu menulis
ilmu hadis yang demikian tinggi nilainya. Kitab ini menjadi rujukan para ulama
di belahan duni terutama ulama-ulama hadis. Dicetak olehMathba’ah Mushthafa
al-Baby al-Halaby wa Auladuhu, Mesir, 1352 H/1934 M. Cetakan dibiayai
oleh Syeikh Salim bin Sa’ad bin Nabhan wa Akhihi Ahmad, pemilik Al-Maktabah
An-Nabhaniyah Al-Kubra, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.
5. Dua
kitabnya di bidang ushul adalah ”Nailul Ma’mul”, syarah atas
karya Zakariyya Anshari ”Lubb Al-Ushul” dan syarahnya ”Ghayat
al-wushul”, dan ”Is’af al Muthali”, syarah atas
berbagai versi karya Subki ”Jam’ al-Jawami’. Sebuah kitab lainnya
mengenai fiqh yaitu ”Takmilat al-Minhaj al-Qawim”, berupa
catatan tambahan atas karya Ibn Hajar al-Haitami “Al-Minhaj al-Qawim”.
6. Al-Khil’atul Fikriyah
fi Syarhil Minhatil Khairiyah, belum diketahui tarikh penulisan.
Kandungannya juga membicarakan hadits merupakan Syarh Hadits Arba’in.
7. Al- Badrul
Munir fi Qira-ati Ibni Katsir.
8. Tanwirus Shadr fi
Qira-ati Ibni Amr
9. Insyirahul
Fawaid fi Qira-ati Hamzah
10. Ta’mimul Manafi’ fi
Qira-ati Nafi’.
11. Al-Fuad fi Qiraat al
Imam Hamzah
12. Tamim
al Manafi fi Qiraat al-Imam Nafi’
13. Aniyah
ath Thalabah bi Syarah Nadzam ath Tayyibah fi Qiraat al Asy’ariyah.
14. As-Saqayah
al-Mardhiyyah fi Asma’i Kutub Ashhabina al- Syafiiyah, kajian atas
karya-karya fiqih mazhab Syafi’i dan riwayat para pengarangnya.
15. Al-Fawaidut
Tarmasiyah fi Asamil Qira-ati `Asyariyah, Syeikh Yasin Padang menyebut
bahawa kitab ini pernah diterbitkan oleh Mathba’ah al-Majidiyah, Mekah, tahun
1330 H.
16. Is’aful Mathali’
Syarhul Badril Lami’.
17. Al-Minhah
al-Khairiyy
Dalam
sebuah riwayat dikatakan bahwa karangan Syaikh Mahfudz mencapai lebih 20
karangan. Mengingat karyanya yang berbagai-bagai itu, tidak berlebihan kiranya
jika Syeikh Yasin Al-Padani, ulama Makkah asal Padang, Sumatra Barat, yang
berpengaruh pada tahun 1970-an, menjuluki Mahfudz At-Tarmasi: al-alamah,
al-muhadits, a- musnid, al- faqih, al- ushuli dan al- muqri.
Yang
menarik, kitab-kitab karangan Syeikh Mahfudz tidak hanya dipergunakan oleh
hampir semua pondok pesantren di Indonesia, tapi konon banyak pula yang dipakai
sebagai literatur wajib pada beberapa perguruan tinggi di Timur Tengah, seperti
di Marokko, Arab Saudi, Iraq dan negara-negara lainnya. Bahkan sampai sekarang
di antara kitab-kitabnya masih ada yang dipakai dalam pengajian di Masjidil
Haram.
Muhammad
Mahfudz At-Tarmasi wafat pada hari Rabu bulan Rajab tahun 1338 Hijrah
bertepatan dengan tahun 1920 M. (pip-dari berbagai sumber)
0 comments:
Post a Comment