Sunday 13 October 2013

8 makanan yang berpengaruh pada kecerdasan otak

8 makanan/minuman yang mempengaruhi kecerdasan otak

setelah sebelumnya saya posting tentang, 11 tips jitu meningkatkan kecerdasan otak, hal trsebut tentang kegiatan dan kali ini saya akan posting tentang makanan dan minuman yang mampu berpengaruh pada otak. berikut ulasanya :
kecerdasan otak

1.       teh hijau
Penelitian membuktikan kandungan flavonoid pada teh mampu merangsang bagian tertentu pada otak, sehingga teh hijau bisa meningkatkan kemampuan kognitif, terlebih pada pria. Teh hijau juga terbukti merupakan bahan alami yang bisa mencegah Alzheimer (kepikunan), sehingga teh hijau merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak.

2.       Buah berantioksidan
Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel-sel yang berada di  otak anda. Nih ane kasih makanan beranti oksidan tinggi : kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.

3.       Kafein
Kafein itu juga mampu meningkatkan kecerdasan otak. Berbagai studi yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan melindungi perempuan dari kehilangan memori.
Tapi ingat, kafein juga ada efek burukya bagi tubuh, jangan kebanyakan.

4.        Permen karet
Ternyata permen karet mampu menyumbang peningkatan daya otak manusia lho....percaya atau tidak, namun kalo belrebihan ya juga gk baik...
 Hal ini berdasarkan hasil dua penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Appetite tahun 2002 dan 2004.
Mereka meneliti dengan membandingkan pelajara yang dmengunyah permen karet kemudian tidak mengunyah ada perbedaan tertent yang merubah gelombang otak, alasan yang mereka ekmukakan yaitu karena dengan terus mengusnyah maka ada pergerakan yang embuat saluran darah dan oksigen keotak makin lancar.

5.        Sarapan Pagi
Pasti belum pada banyak yang tahu ni...
Makanya jangan tinggalin sarapan  pagi, selain membuat perut kenyang ternyata juga manfaat hehe
Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosakan sumber energi tbuh kita??!! J

6.        Mengganti gula dengan madu
Anda mungkin merasa bahwa gula dapat mempertajam otak, tetapi Anda salah. Gula menyebabkan peningkatan glukosa dalam darah dan hanya memberi sedikit energi untuk sementara. Anda bisa mengganti gula dengan madu yang diketahui lebih sehat dan baik untuk tubuh.

7.        Hindari junk food
Ini mungin menjadi kebiasaan kita, makan mkanan cepat saji dan instan, padahal Makanan cepat saji bisa merusak otak Anda. Gantilah pola makan dan gunakan bahan makanan yang bagus serta menyehatkan otak.

8.        Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.
Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

ada yang mau menambahi??
baca juga artikel tentang 11 tips jitu meningkatkan kecerdasan otak secara alami
  • Blogger Comments

2 comments:

Top