Friday 6 September 2013

cara menjaga kesehatan ginjal

Tips menjaga ginjal agar tetap sehat



healty
Ginjal Anda adalah salah satu organ penting yang menjaga sistem metabolik pada tubuh manuisa. bahkan lebih dari itu, fungsi ginjal yang paling utama adalah menyaring darah Anda dan mengeluarkan racun serta substansi lain yang tidak diperlukan oleh tubuh. hebat buka!!??
Selain itu, ginjal mengontrol volume cairan dalam tubuh dan juga mempercepat produksi sel darah merah. Ginjal merupakan organ tubuh yang termasuk dalam sistem ekskresi bersama-sama dengan hati, paru-paru dan kulit. sudah tau kan sekarang bahwa ginjal itu benar-benar sangat penting!! setidaknya sekedar mengingatkan akan pentingnya menjaga kesehatan ginjal
gk kebayang bagaimana kalo ginjal kita tidak sehat, pasti kita akan sangat terganggu, jadi saya akan coba men share bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal.....

Secara umum, ada 2 macam gangguan kesehatan pada ginjal, yaitu batu ginjal dan penyakit ginjal. Batu ginjal adalah keadaan dimana terjadinya penumpukan kristal garam pada rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Sedangkan penyakit ginjal adalah sebuah keadaan dimana ginjal sudah tidak lagi mampu melakukan fungsinya dalam menyaring racun-racun dalam darah. Pada tahap awal keadaan ini, pada umumnya gejalanya tidak terlalu nampak. Namun biasanya para penderita akan memeriksakan ke dokter saat keadaan sudah cukup parah.

Karena pentingnya menjaga organ tubuh ini, Anda perlu memerhatikan kesehatan sedini mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk  menjaga kesehatan ginjal yang lebih sehat:

1].Minum Air Putih

Jaga asupan air putih sepanjang hari. Para ahli menyarankan untuk minum 8 gelas air putih per hari untuk menjaga keseimbangan tubuh. Ini juga baik untuk ginjal, karena ini akan membantu melancarkan pembuangan urine dan meringankan kerja ginjal.

2].Kurangi Garam

Garam yang berlebih akan mengendap dan terakumulasi menjadi batu ginjal. Perhatikan juga kandungan garam tersembunyi pada makanan ringan dan makanan kaleng.

3].Awasi Menu Makanan

Anda perlu memantau makanan yang Anda konsumsi. Ginjal sebagai penyaring racun akan bekerja keras bila asupan makanan Anda adalah makanan yang kurang sehat. Awasi juga pemakaian obat dalam jangka waktu panjang karena dapat memengaruhi kerja ginjal.

4].Gaya Hidup Sehat

Mulailah gaya hidup sehat dari sekarang. Lakukan olahraga rutin setiap hari dan hindari stres yang berlebihan. Perhatikan juga tidur Anda, usahakan mendapatkan tidur berkualitas selama 8 jam setiap harinya.

5].Hindari Alkohol dan Rokok

Bila Anda adalah perokok dan peminum alkohol, berhenti sekarang juga. Rokok adalah pemicu kanker ginjal yang paling umum. Begitu juga alkohol, zat ini sangat tidak bersahabat untuk ginjal sehat Anda.

terimakasih kawan sudah membaca, semoga bermanfaat...  :)
  • Blogger Comments

0 comments:

Post a Comment

Top