Monday 30 September 2013

ternyata penemu pertama pesawat terbang adalah ilmuan muslim

apakah anda suka membaca buku-buku ensiclopedi dan buku-buku sejarah para ilmuwan dunia??

penemu pesawat pertama kalipernahkah kalian dapati siapa penemu pertawa pesawat terbang??

ya kalian akan menemukan bahwa penggagas pertama adalah roger bacon yang kemudian disempurnakan oleh duo amerika, wright bersaudara. 
(Orville Wright dan Wilbur Wright). 
ada satu hal menarik yang akan saya angkat di postingan kali ini, yaitu tentang "ternyata penemu pesawat terbang pertama di dunia adalah ilmuan muslim"

sebenarnya fakta penyembunyian sejarah tentang prestasi orang islam bukanlah fenomena yang mengejutkan, antara timur dan barat terus berlomba-lomba membangun peradaban, dan jika kalian baca sejarah murni, maka kalian bisa menemukan kemajuan pesat peradaban umat muslim kala kebodohan merajalela di kalangan barat, contoh kecil, andalus, ifriqiya, baghdad, mesir dan masih banyak lagi. yang mungkin bisa kita bicarakan tema ini sambil ngopi hehe :)

kronologi penyembunyianya menurut saya pribadi adalah karena pemegang kendali catatan sejarah dan informasi dunia memang dikendalikan oleh orang barat pada beberapa abad terakhir, jelas saja mereka tidak akan mau mengakui para ilmuan muslim, gengsi cuy.. :p, penemuan muslim ini mungkin yang menginspirasi roger bacon dan kemudian disempurnakan wrighrt bersaudara, atau entah bagaimana kisahnya yang intinya pesawat telah jauh tahun ditemukan sebelum roger bacon memamerkanya ke pubilk.

biar bagaimana pun tetap ada beberapa catatan sejarah manuskrip ilmiah yang masih tersisa di memori sejarah kaum muslim timur-barat mengenai fakta ini,

Seorang ilmuwan yang bernama Ibnu Firnas (armen firman dalam dunia barat) dari Andalusia (Spanyol) mulai mengembangkan penelitianya tentang pesawat karena terinspirasi akan kejadian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, tetapi dia sadar bahwa manusia biasa tak mungkin bisa naik Bouraq kendaraan Nabi Saw untuk Isra’ Mi’ raj, kita bukan nabi  :p hehe 

Namun demikian beliau selalu memimpikan agar suatu saat manusia bisa terbang bebas laksana burung di angkasa. Sekitar tahun 852 M, Ibnu Firnas (Armen Firman), mulai meneliti gerak aerodinamika, fisika udara, anatomi burung dan kelelawar. Sampai pada suatu saat beliau menyimpulkan bahwa manusia bisa terbang sehingga terciptalah sebuah alat terbang yang menggunakan prinsip kepakan/lambaian sayap seperti yang ada pada burung, kelelawar atau serangga.

Dalam percobaannya dia naik menara Masjid Cordoba, disaksikan oleh ribuan orang di bawahnya, lalu melompat dan melayang terbang sejauh kira-kira 3 KM dan mendarat dengan selamat. Ribuan orang bertepuk tangan dan terheran atas ciptaannya. Waktu itu dunia barat masih dalam masa kegelapan sehingga menganggap hal tersebut adalah sihir Ibnu Firnas. 

penemu pesawat pertama kalisaya tidak mengklaim penemuan ibnu firnas menyaingi atau lebih sempurna dari penemuaun wright bersaudara, meski baru sebatas dua sayap dan belum mengunakan mesin atau krangka yang masih sangat dasar, sseharusnya hal seperti ini juga layak dinobatkan dalam sejarah penemuan, saya kira penemuan sederhana ibnu firnas ini banyak menginspirasi para ilmuwan pesawat terbang barat seperti roger bacon, sir george calley, otto littental, santos dummon dan yang paling populer wright bersaudara.

Fakta diatas seharusnya menjadi bagian dari kajian pelajaran sejarah sehingga kita, umat muslim akan lebih bangga terhadap komunitasnya, seharunya pun generasi sekarang mampu membaca berbagai sejarah dan fakta ilmiah baik yang terlupakan ataupun yang sudah ada. pernahkah kalian mendengar bahwa bangsa yang maju adalah yang mengenal sejarahnya?? kemajuan islam ada dipundak kita.

sebenarnya bukan hanya penemuan ini saja yang tertimbun aleh manipulasi sejarawan, banyak lagi yang lainya yang insyaallah akan saya paparkan pada postingan selanjutnya....







  • Blogger Comments

5 comments:

  1. wkwowkwowkwok tes ajjah kaka :*

    ReplyDelete
  2. Ngakak semuanya diklaim . -_- Semua orang juga bisa gitu kali . Pernah liat avatar kak ? itu tahun sebelum masehi . pernah liay sungokong ? sebelum masehi juga . mereka berhasil make tongkat dengan sayap .

    ReplyDelete
    Replies
    1. :v untung ane jarang nonton TV

      Delete
    2. :V haha sama jarang liat tv, liat nih documenternya Aljazeera ttg Abbas ibn Firnas https://youtu.be/mYzPxwnGs34

      Delete

Top