Tuesday 1 October 2013

apa pengertian dari metodologi penelitian secara bahasa dan istilah??

Pengertian dasar “ metodologi penelitian

Ada sejumlah kata yang mewakili pengucapan suatu hal tertentu yang berkembang dimasyarakat termasuk metode dan metodelogi, lalu mana yang benar?? Baik saya akan coba mengupasnya, metodologi adalah kata serapan dari bahasa yunani methods yang berarti cara,
penelitian
sedangkan tambahan logi berarti mencerminkan disiplin ilmu, sebagaimana biologi yang mewakili ilmu tentang makhluk hidup dan alam, sosiologi mewakili ilmu yang mempelajari tentang social masyarakat, dan lainya, jadi bias kita bedakan kalimat mana yang ingin kita gunakan, apakah sekedar arti metode atau cara atau ilmu yang mempelajari cara. Jadi metedologi merupakan ilmu yang mempelajari cara, begitu singkatnya. Sedangkan penelitian merupakan pendekatan secara sistematis yang menjadi proses dari hasil ilmiah.
Semoga pengertian pribadi saya ini mudah dipahami. Dengan begini tidak sulit bagi kita untuk menggabungkan  pengertian dasar 2 kata tersebut, metedeologi penelitian adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana melakuakn pendekatan secara sistematis dan ilmiah. Simpel bukan?

Pandangan pribadi mengenai “ metodologi penelitian

“Tak pernah puas”, benar. Ini merupakan sifat hakiki manusia yang memang sulit dihindari, setiap manusia pasti memiliki rasa tak pernah puas, hanya kadarnya saja  yang berbeda. namun benarkah hal seperti ini merupakan sifat buruk, belum tentu juga, pernahkah anda melihat bagaimana seorang pencuri membunuh korbanya dengan pistol?? Pun begitu polisi, ia menyelamatkan nyawa manusia dengan pistol. Kemudian pantaskah kita menghukum pistol karena ia dipakai penjahat?? Jelas tidak, ia hannya alat. Bukan perkara buruk yang harus dibuang dan tidak digunakan.
Baiklah, diatas itu hanya sekedar pengantar saya, bagaimana kita tidak boleh menganggap sebelah mata tentang hal yang dikira negatif, bahkan kita bisa mengunakanya sebagai sesuatu yang positif, saya mengajak pembaca sekalian untuk kembali mengakali kekurangan dan menjadikannya sebagai sebuah kelebihan tersendiri, seperti yang dilakukan para pemain bola saat melakukan serangan balik, seperti pembalap nascar yang memenangkan pertandingan dengan “banting stir”.
Sifat alami kita, tidak pernah puas merupakan sifat positif jika kita mampu mengarahkanya pada jalur yang benar. Apakah kita pernah berfikir dari mana kemajuan ini dimulai?? Dibalik  semua itu ada andil besar yang ikut mengisi modal kemajuan peradaban manusia, yaitu sifat “tidak puas”, karena rasa yang selalu tidak puas dan ingin lebih akhirnya munculah sebuah dorongan, gagasan, pemikiran, dan beberapa aselerasi yang terus membawa kemajuan. Jika tahun 1903 wright bersaudara ( dalam artikel sebelumnya saya memaparkan tntnag penggagas pertama pesawat terbang adalah ilmuwan muslim asal andalus, ibnu firnas. silahkan baca artikel ini) sudah puas dengan berjalan di darat, mungkin pesawat terbang tidak akan ditemukan waktu itu. Jika tomas alfa Edison puas dengan malam yang gelap maka ia tidak pernah menemukan bola lampu. Begitulah rasa “tidak puas” mampu menggebrak peradaban manusia. Jangan berhenti disini dulu dibalik semua peradaban itu ada yang namanya sebuah proses, dan itulah yang bisa disebut dengan penelitian. Pendekatan secara ilmiah. Dan ini merupakan salah satu pokok pembahasan kita. Metedeologi penelitian.
Sebenarnya saya masih ingin berbicara panjang lebar mengenai metedeologi penelitian karena hal ini juga menjadi salah satu mata kuliah saya, namun karena ini hanya merupakan sebuah artikel kecil yang diperuntutkan untuk memenuhi tugas dari dosen maka saya cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat.
Penulis pribadi mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan maupun kajian materi.




  • Blogger Comments

0 comments:

Post a Comment

Top